07
Sep
2017
By: emir


YUDISIUM FAPERTA TA 2015/2016

Hari ini senin, (1/08/2016) fakultas pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari melaksanakan Yudisium untuk Tahun akademik 2015/2016 dan diikuti oleh 2 orang peserta yaitu saudara Dahlan dan Asrun. Yudisium dimulai pukul 13:30 Wita sampai pukul  14:00 dan dilaksanakan di ruang Ujian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Ibu syamsinar, SP.,M.Si dan dihadiri beberapa Dosen. Pembacaan Surat Keputusa Dekan Fakultas Pertanian tentang Yudisium yang sedianya oleh Ketua Program Studi Agribisnis Ibu Sitti Rosmalah, SP.,MP, namun beliau berhalangan datang sehingga harus diwakili oleh Bagian Unit Penjamain Mutu Faperta UMK, Ibu Asriani, SP.,M.Sc.

Dalam lampiran SK Yudisium yang dibacakan masing-masing peserta menempuh perkuliahan selama 5 tahun dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK), saudara Asrun dengan IPK 3,01 dan Saudara Dahlan IPK 3,17 serta berpredikat “sangat memuaskan”

Prosesi Yudisium kali ini Ikrar Alumni dibacakan oleh saudara Dahlan dan diikuti seluruh wisudawan  serta berlangsung dengan khidmat.

Pada sambutan Dekan Fakultas Pertanian, Ibu Syamsinar, SP.,M.Sc menyampaikan bahwa,  salah satu persoalan yang dihadapai oleh lulusan/wisudawan adalah persoalan pekerjaan dan ini menjadi tantangan tersendiri. Olehnya Ibu Syamsinar mengharap agar para alumni setelah menempuh perkuliahan jangan selalu bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil tetapi menjadilah orang yang bermanfaat bagi masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan sehingga ilmu yang deperoleh dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat. Disamping itu beliau juga menyampaikan agar para alumni tetap menjaga almamater perguruan tinggi. Tidak lupa juga Ibu Dekan menyampaikan permintaan maaf apabila selama menempuh perkuliahan ada dosen maupun staf yang berbuat  sesuatu yang tidak berkenaan atau kurang maksimal diharapkan oleh mahasiswa sekiranya dimaafkan agar silahturahmi antar staf, dosen dan alumni tetap terpelihara kedepan  dengan baik. ungkapnya    

 


07
Sep
2017
By: emir


MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UMK LOLOS PEKAN ILMIAH NASIONAL DI IPB

Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, akhirnya tiba juga. Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari dapat mengharumkan nama baik Universitas Muhammadiyah Kendari, ini tidak lain karena  mahasiswa Faperta UMK lolos mewakili UMK untuk berlaga di Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasiona (PIMNAS) Ke-29 tahun 2016  yang akan diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB)  pada selasa  dan rabu tanggal 9-10 Agustus 2016.  Mereka adalah Putri Ramadhani,  Joni dan Andi Asriadi, masing-masing adalah mahasiswa program studi agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari dan merupakan satu-satunya TIM yang lolos untuk mewakili Universitas Muhammadiyah Kendari secara khusus dan Universitas di Sulawesi Tenggara secara Umum . PIMNAS yang diikuti tersebut khusus berlombah dalam kategori  Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan.  PKM-K yang berhasil meloloskan Putri dkk dengan judul: SATE K-MAS PEDAS, “Inovasi Olahan Keong Emas Menjadi Produk Yang di Gemari masyarakat”

Berdasarkan hasil wawancara kami dengan Dekan Fakultas Pertanian, Ibu Syamsinar, SP.,M.Si, beliau mengatakan bahwa, “ Kita perlu berbagga dan memberikan apresiasi dengan hasil yang diperoleh mahasiswa kami, karna ini merupakan  satu-satunya dan pertama kali Fakultas pertanian khususnya dan UMK secara umum meloloskan mahasiswa pada iven nasional selevel PIMNAS dan mudah-mudahan apa yang diperoleh Putri dkk dapat menjadi motivasi untuk rekan-rekan mahasiswa lainnya agar tahun-tahun kedepanya ada lagi mahasiswa UMK yang dapat mewakili ditingkat nasional pada kegiatan PIMNAS dan selalu tetap berinovasi. “ ungkapnya.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) sendiri merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan  tinggi dalam meningkatkan budaya kompetensi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Mahasiswa, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

PIMNAS sebagai media pertemuan nasional dan forum kompetensi kreativitas diikuti oleh mahasiswa dan kelompok mahasiswa baik yang telah terpilih melalui seleksi maupun peserta mahasiswa bebas untuk kegiatan lainnya dengan dukungan dana mandiri dan atau dari perguruan tinggi pengirim. Wadah ini untuk memberi kesempatan lebih luas bagi mahasiswa dan pihak perguruan tinggi untuk saling berkomunikasi, bertukar pengalaman dan informasi serta sebagai ajang proses belajar.

PIMNAS juga berfungsi sebagai forum diskusi dan dialog tentang masalah pembangunan nasional dan atau daerah serta masalah aktual lainnya. Oleh karena itu dlam pelaksanaannya perlu ditetapkan “tema” yang relevan sesuai dengan perkembangan aktual saat pelaksanaan PIMNAS di setiap perguruan tinggi penyelenggara. PIMNAS dikaksanakan setiap tahun secara terprogram dengan melibatkan perguruan tinggi negeri/swasta diseluruh tanah air. Besarnya jumlah peserta serta banyaknya kegiatan yang dilaksanakan dalam PIMNAS memerlukan perencanaan dan pengelolaan secara seksama, karena itu diperlukan suatu panduan untuk melaksanakan kegiatan dimaksud.

Pelaksanaan PIMNAS dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa, mengembangkan komunikasi ilmiah, memacu dan pembudayaan kreativitas dan penalaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)

Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan PIMNAS yang diselenggarakan setiap tahun yaitu: (1) meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan Iptek, (2) mengembangkan kemampuan ilmiah mahasiswa, (3) meningkatkan mutu karya ilmiah mahasiswa, (4) mengembangkan wawasan dan meningkatkan kedewasaan akademik mahasiswa, (5) memantapkan jati diri intelektual mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah, (6) sebagai  bahan umpan balik evaluasi proses belajar mengajar, (7)sebagai ajang latihan bagi generasi muda untuk tampil dalam forum ilmiah, (8) mempererat ikatan tali persaudaraan dlaam bingkai NKRI


07
Sep
2017
By: emir


FAPERTA UMK MENGGELAR LOKAKARYA KURIKULUM DAN SOSIALISASI VISI MISI PRODI

Hari ini Jum’at (16/9/2016) Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari menggelar Lokakarya Kurikulum dan sosialisasi visi misi program studi Agribisnis. Lokakarya yang dilaksanakan mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 15:000 di ruang senat Universitas Muhammadiyah Kendari. Yang di hadiri oleh unsur pimpinan UMK mulai dari Wakil Rektor I, Bapak Yamin, S.Pd.,M.Sc, Wakil Rektor II, Bapak Mustam AR, SP.,MM,  Wakil Rektor III, Bapak Ir. Bambang Indro Yuwono, M.Si dan seluruh dosen Fakultas Pertanian. Selain itu lokakarya ini dihadiri dari Stake Holder mulai dari Dinas Perkebunan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tenggara,  Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan provinsi Sulawesi Tenggara, Pimpinan UKM, dan beberapa mahasiswa.

Lokakarya Kurikulum kali ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al’quran oleh La Faidi dan Saritilawa oleh  Ernawati, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah oleh seluruh peserta. Setelah itu sambutan-sambutan yang dimulai oleh Dekan fakultas Pertanian UMK, Ibu Syamsinar, SP.,M.Si, dilanjutkan sambutan oleh Rektor UMK yang diwakili oleh wakil rektor II, Bapak Mustam AR, SP.,MM dan Wakil Rektor I bagian akademik, Bapak Yamin, S.Pd.,M.Sc.

Dekan fakultas Pertanian dalam sambutannya, menyampaikan, “tujuan lokakarya kali ini bertepatan dengan dilaksanakan reakretasi oleh fakultas pertanian pada beberapa bulan kedepan. Disamping itu lokakarya kurikulum yang dilaksanakan sebagai tuntutan zaman, dimana kurikulum yang digunakan saat ini merupakan kurikulum tahun 2011 yang  isinya banyak yang sudah tidak sesuai visi misi agribisnis, dan perlu diadakan perbaikan sehingga sesuai dengan visi misi Fakultas yaitu menjadi fakultas yang unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi, sosial budaya dan seni, dan sumber daya yang tangguh mandiri, berdaya saing tinggi serta berakhlak mulia di tingkat nasional. alumni fakultas pertanian dapat bersaing dalam dunia kerja. Lebih lanjut lagi beliau menyampaikan  kurikulum 2016 yang digodok oleh program studi saat ini outputnya dapat bersaing dalam dunia kerja dan memberikan kontribusi bagi masyarakat”. Pungkasnya!

Sementara itu sambutan Rektor yang diwakili oleh wakil rektor II. Bapak Mustam dalam sambutannya menuturkan, “ lokakarya kurikulum diadakan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menyamakan persepsi sehingga bahan yang digunakan antara yang disapkan sesuai dengan yang diharapkan, artinya teori yang diterapkan sesuai apa yang ada atau terjadi dilapangan”. Selanjutnya beliau jugan mengharapkan dengan lokakarya kurikulum ini, program studi secara khusus dapat mengetahui kekurangan dan hambatan selama ini, sehingga nantinya fakultas pertanian dapat menciptakan outpun yang handal.” Ungkapnya!

Akhirnya Lokakarya kurikulum selama berlangsung cukup lancar dan sesuai dengan yang diharapkan hal ini dapat dilihat dengan cukup banyak interupsi dan saran-saran.

 

#Salam Tani#

 


07
Sep
2017
By: emir


Pra OSDIK Faperta Berjalan Tertib dan Lancar

Dalam upaya pengenalan Kampus bagi mahasiswa baru. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari, menggelar Pra Orientasi Studi dan Dasar Kemuhammadiyahan (Pra OSDIK) hari ini Sabtu (24/09/2016) di Gedung A Ruang B.301 UMK. Pra OSDIK yang dimulai Pukul 09:00 sampai dengan pukul 12:00 Wita diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Fakultas pertanian yang berjumah 36 orang dan dibuka langsung oleh Dekan Faperta UMK, Ibu Syamsinar, SP.,M.Si. Selain itu kegiatan tersebut turut dihadiri  oleh  Ketua Program Studi Agribisnis Ibu Sitti Rosmalah, SP.,MP, seluruh Staf dan mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Faperta, Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagrib), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

Dalam sambutan pembukaan Dekan Faperta Ibu Syamsinar, SP.M.Si, lebih banyak berbicara seputar memperkenalkan seluruh civitas akademika yang ada di Faperta serta lembaga-lembaga kemahasiswaan beserta fungsi, peranan dan tanggung jawabnya serta dosen-dosen yang ada di  Fakultas Pertanian.

Setelah sambutan Kekan dilanjutkan dengan sambutan ketua program studi Agribisnis, Ibu Sitti Rosmalah, SP.MP. dalam sambutannya beliau lebih banyak berbicara mengenai Profil Prodi Agribisnis, peluang lulusan Agribisnis,  dan Kurikulum.

Pada sosialisasi SIMPES,SIMAK dan PDPT yang disampaikan oleh staf Faperta, dimana pada sosialisasi SIMPES dan SIMAK yang dibawakan oleh Bapak EMIR, S.IP, dalam pemaparan beliau lebih banyak mengulas seputar penjadwalan mata kuliah, mengecekan nilai dan sebagainya yang berhubungan Sistem Informasi manejemen Akademik (SIMAK) dan Sistem Pembayaran Mahasiswa (SIMPES).

Sementara pada tahap sosialisasi Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) yang di bawakan oleh bapak Muhlasin, SH. Dalam pemaparan beliau menjelaskan betapa pentingnya PDPT, sehingga setiap mahasiswa diminta untuk mempersiapkan semua kelengkapan PDPT mulai dari KTP, Kartu Keluarga, Foto Copy Ijazah.

Pada kegiatan Pra Osdik ini ditutup dengan pengarahan dari Ketua Ikatan Mahasiswa Muhamamdaiyah, saudara Alpiansyah, dalam arahanannya beliau mengajak mahasiswa untuk lebih banyak ikut dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan, seperti lembaga BEM, IMM dan lain-lain.

Akhirnya pra OSDIK ditutup langsung oleh Dekan Faperta Ibu Syamsinar, SP.,MP tepat pukul 12:15 wita