E-LUMAK SEBAGAI RESPON TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Minggu, 28 Jun 2020, 21:48:52 WIB - 7 View
Share
E-LUMAK SEBAGAI RESPON TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Dunia pendidikan tinggi saat ini menyaksikan perkembangan teknologi informasi (TI) yang begitu massif. Kehadiran TI dalam konteks pendidikan tinggi menawarkan kemudahan dalam media-media promosi maupun pembelajaran bagi universitas.

Perguruan Tinggi bisa menjadikan TI sebagai peluang ketika bisa mengintegrasikannya dalam proses belajar-mengajar mahasiswa. Selain menawarkan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif, TI mampu menawarkan efisiensi dan kecepatan.

Demi menunjang kinerja dan kemampuan tenaga pendidiknya, Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari terus berupaya untuk menerapkan dan mengaplikasikan TI kedalam proses belajar – mengajar mahasiswa, salah satunya dengan pelatihan E-learning Universitas Muhammadiyah Kendari ( E-lumak) yang merupakan sistem pembelajaran daring UM Kendari. Selain itu, hal ini menjawab respon akan tantangan perkembangan TI dalam dunia pendidikan.

Pada pelatihan tersebut Rektor UM Kendari Amir Mahmud, S.Pi., M.P., menjelaskan, pada pelatihan ini dosen-dosen akan dibekali dengan materi-materi terkait pembelajaran daring dari Elumak, selain itu dosen yang menjadi peserta dalam pelatihan ini juga diharuskan mengerjakan tugas-tugas ditempat pelatihan, hal ini dilakukan untuk mempermudah dosen-deosen mengajarkan mahasiswa denghan aplikasi ini dalam proses perkuliahan, jelasnya.

Pelatihan ini berlangsung selama satu minggu pelaksanaan, terhitung sejak 19 – 26 Juni 2020, hadir sebagai pemateri Hendri Yawan juga sebagai tenaga pengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddikan UM Kendari, yang memaparkan proses pembuatan akun E-lumak, konfigurasi kelas, manajemen aktifitas pembelajaran sampai pada tahap manajemen sumber belajar.

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2020 Universitas Muhammadiyah Kendari Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube