FAPERTA UMK HADIRKAN KASUBDIT DATA DAN KELEMBAGAAN OPT HORTIKULTURA PERTANIAN RI

Senin, 04 Nov 2019, 14:43:56 WIB - 314 View
Share
FAPERTA UMK HADIRKAN KASUBDIT DATA DAN KELEMBAGAAN OPT HORTIKULTURA PERTANIAN RI

UMK (4/11/2019) Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), menghadirkan Dr. H. Muh. Agung Sunusi, S.P., M.Si. (Kasubdit Data dan Kelembagaan OPT Hortikultura Pertanian RI) sebagai narasumber pada kegiatan kuliah umum, dengan tema : “Membangun Grand Design Hortikultura Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045” Kegiatan kuliah umum kali ini dihadiri oleh Rektor UMK, Amir Mahmud, S.Pi., MP., Dekan Fakultas Pertanian Syamsinar, S.P., M.Si., serta dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian dari berbagai angkatan.

Dalam pemaparan materinya, Agung menjelaskan pengembangan dan program Dirjen Holtikultura, “sekarang kami sedang mengembangkan sayuran dan tanaman obat, selain itu kami juga sedang mengembanbangkan buah dan florikultura, selanjutnya ada pula kegiatan pasca panen dan pengelolahan hasil, hal ini terkait bagaimana produk yang telah di produksi diolah dan dipasarkan, disamping itu kami juga memiliki kegiatan pengembangan sistem perbenihan, yang menyangkut permasalahan benih, ketersediaan benih, dan ketersediaan benih bermutu, lalu terakhir yang saya tangani langsung yaitu penguatan sistem pengendalian OPT ramah lingkungan, disini kita memilih produk yang masuk diwilayah Negara yang bersangkutan harus rendah pestisida, sehingga nantinya hal ini akan menjadi titik kritis pengembangan ekspor Indonesia”,  jelasnya.

“Arah pengembembangan Hortikultura 2020 – 2045 kedepan nantinya akan berfokus pada komoditas strategis berekonomis tinggi, ada kurang lebih 320 komoditas hortikultura, kalau semua itu dikembangkan tidak mungkin kita akan mencapai ekspor, maka dari itu kita akan mengembangkan komoditas strategis yang bernilai ekonomis tinggi contohnya manggis yang telah di ekspor ke Eropa dan Jepang, selanjutnya salak yang telah di ekspor ke Cina dan Australia, dengan harapan agar pemilihan komoditas yang strategis dan itu akan menjadi fokus pengembangan kita ke depan”.

“Selanjutnya kami juga akan mengembangkan kawasan skala ekonomi dan komersial, jadi nantinya kita akan mengembangkan skala ekonomi dan komersial 100 - 200 hektar, untuk apa ? untuk ekspor kedepan, lalu penerapan Good Agricultural Practices (GAP) harus pula dilakukan, karena sudah waktunya kita melakukan cara budidaya yang baik dan benar, dan yang terpenting adalah bagaimana produk itu ramah lingkungan”, terang Agung.

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2019 Universitas Muhammadiyah Kendari Design By Tasbih, S.Pd. Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube