KKN-PPM SEBAGAI SARANA MAHASISWA DALAM MENGANALISIS MASALAH

Selasa, 17 Sep 2019, 12:42:30 WIB - 122 View
Share
KKN-PPM SEBAGAI SARANA MAHASISWA DALAM MENGANALISIS MASALAH

Pelaksanaan KKN-PPM merupakan sarana diluar kampus bagi mahasiswa dalam peningkatan pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat. Integrasi keilmuan mahasiswa berlandaskan teori perkuliahan pada pemberdayaan dan pengembangan sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia di masyarakat menjadi substansi utama pada pelaksanaan KKN-PPM dengan diimbangi oleh bimbingan dari dosen pembimbing dengan program kerja yang tepat sasaran dan membangun lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan KKN-PPM.

Penerapan relevansi Pendidikan Tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dalam pembangunan dimaksudkan pada program KKN-PPM sebagai upaya dalam Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam analisis masalah yang ada di masyarakat, menjadi solusi pemecahan masalah yang erat kaitannya dengan pengembangan disiplin ilmu yang nyata, mengembangkan kerjasama tim melalui perpaduan bidang ilmu (interdispliner), dan meningkatkan pengetahun masyarakat di pedesaan dan melalui kegiatan berkesinambungan di desa lokasi KKN.

Topik kegiatan pada KKN-PPM ini yakni “Masjid Siaga Melalui Sinergitas Penerapan Ajaran Islam Aplikatif Dan Pemberdayaan Remaja”. Ardiyanto Azis menjelaskan bahwa program unggulan KKN-PPM di Desa Puosu Jaya adalah pengembangan Masjid sebagai sarana pusat dalam pengmbangan mental dan spiritual remaja sehingga dapat menjadikan nilai islam aplikatif pada remaja muda dan menjadi pondasi yang kokoh bagi generasi berikutnya.

 

Selama 40 hari pelaksanaan KKN-PPM, program unggulan sudah terlaksana dengan baik diantaranya Pelatihan Penyelengaraan Jenazah, perbaikan sarana masjid yang melibatkan ibu majelis taklim dan remaja yang ada di Desa Puosu Jaya, dan lomba dengan tema islami bagi remaja guna menguatkan fondasi keislaman

Upaya UM Kendari dalam bentuk integrasi keilmuan pada pemberdayaan dan pengembangan masyarakat menjadi substansi utama pada pelaksanaan KKN-PPM ini dengan target luaran (1) Terwujudnya pengurus remaja masjid dan pengurus TPA yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pengelolaan manajemen masjid yang baik, (2) Terciptanya muballiq-muballiq muda yang memiliki pengetahuan dan keterampilan ibadah yang aplikatif (3) Meningkatnya pemahaman santri TPA tentang ajaran agama dengan pembelajaran aplikatif dan menyenangkan (4) Dimilikinya pengetahuan dan keterampilan menjalankan usaha kreatif dan menguasai manajemen usaha dan pemasaran kepada kelompok mitra berbasis masjid dan (5) Terwujudnya masjid dan mushollah sebagai tempat ibadah yang bersih, sejuk, indah dan nyaman untuk berlajar dan beribadah.

 

Oleh : Mualif Arsyad

Red : Muhammad Nur Djafar Sigaro

 

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2019 Universitas Muhammadiyah Kendari Design By Tasbih, S.Pd. Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube