LPPM GELAR PELATIHAN PEMBUATAN BUKU AJAR UNTUK DOSEN UMK

Kamis, 21 Nov 2019, 13:35:36 WIB - 66 View
Share
LPPM GELAR PELATIHAN PEMBUATAN BUKU AJAR UNTUK DOSEN UMK

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat  (LPPM) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menggelar kegiatan “Pelatihan Buku Ajar dan Buku Referensi” bagi dosen lingkup UMK yang bertempat di ruang teleconference lantai 3 gedung baru UMK, Kamis (21/11/19).

Dalam kesempatan tersebut kepala LPPM UMK, Dr. H. Musadar Mappasomba, S.P., M.P., menjelaskan “buku tidak hanya memenuhi syarat formal sebagai tenaga edukatif, tetapi lebih dalam lagi sesungguhnya kita menggerakkan dan mewariskan karya-karya amal jariyah, buku apabila kita wariskan, dipakai, dan dibaca lalu terjadi penambahan ilmu, perubahan sikap, lalu kemudian bermanfaat, hal tersebut akan menjadi amal jariyah yang mengalir terus menerus, walaupun jasad kita telah hancur”

“LPPM akan terus mendorong kegiatan ini, kami harapkan kehadiran dosen-dosen UMK yang hadir hari ini menjadi momentum bagi lahirnya karya-karya besar dan tentunya hal ini pula menjadi syarat-syarat formal kita sebagai tenaga edukatif”, terangnya.

Sebagai pemateri, hadir Prof. Dr. Anwar Hafid, M.Pd., dan Drs. Ahid Hidayat, M. Hum. (Penulis dan Kepala Penerbitan UHO). Pada materi yang dibawakannya, Anwar mengemukakan “menulis adalah pekerjaan yang biasa dilakukan oleh dosen, secara historis kita dapat menemukan pentingnya kedudukan penulis sejak zaman kerajaan khususnya saat perdagangan berkembang, sehingga munculah profesi penulis, seperti yang kita ketahui mengapa di daerah Makassar muncur Aksara Lontara karena berkembangnya perdagangan, jadi daerah-daerah yang mempunyai aksara menunjukkan bahwa tempat tersebut mempunyai daerah perdagangan yang maju, sehingga profesi penulis sangat dibutuhkan pada masa itu, dan menjadi profesi yang terhormat”

Lebih jauh, kita harus memahami bahwa penulis harus mempunyai sikap profesional yang kemudian menjadi tantangan, terutama dalam beberapa hal, yakni profesional dalam menetapkan waktu pengerjaaan, sekaligus tengat (deadline), profesional menyiapkan content atau bahan dengan menghindari perilaku plagiat  maupun mengutip ide-ide orang lain tanpa izin pemilik ide, serta profesional dalam menjaga kualitas tulisan, jelas Anwar dalam pemaparan materinya.

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2019 Universitas Muhammadiyah Kendari Design By Tasbih, S.Pd. Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube