PENGEMBANGAN APLIKASI APLIKASI KONSTRUKSI MODULAR DALAM WEBINAR FAKULTAS TEKNIK

Minggu, 28 Jun 2020, 21:59:03 WIB - 10 View
Share
PENGEMBANGAN APLIKASI APLIKASI KONSTRUKSI MODULAR DALAM WEBINAR  FAKULTAS TEKNIK

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Kendari menyelenggarakan kegiatan seminar daring atau biasa disebut webinar dengan Tema "Pengembangan dan Aplikasi Konstruksi Modular di Indonesia" pada hari Jumat 19 Juni 2020 pukul 20.00-22.00 WIB. Ketua Pelaksana menjelaskan yang melatarbelakangi tema tersebut adalah Perkembangan teknologi pembangunan saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Konsep membangun secara konvensional perlahan mulai ditinggalkan dan berubah menjadi lebih modern, salah satunya dengan menggunakan sistem modular. Konstruksi sistem modular dapat menjadi alternative yang layak dipertimbangkan di masa yang akan datang dan di masa mitigasi bencana yang membutuhkan kecepatan penyelesaian pembangunan dengan tetap memperhatikan kualitas konstruksi, seperti yang ditunjukkan dalam pembangunan Rumah Sakit Khusus Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Ketua pelaksana juga menjelaskan Konstruksi modular telah lama dikenal di Indonesia, tetapi mulai dimanfaatkan oleh produsen dalam skala industri dalam beberapa tahun terakhir. Sistem modular yang dimaksud adalah metoda pelaksanaan pembangunan dengan memanfaatkan material atau komponen fabrikasi yang dibuat di luar lokasi proyek atau di dalam lokasi proyek, namun perlu disatukan terlebih dahulu antar komponennya (erection) ditempat yang seharusnya/posisi dari komponen tersebut.

Pengembangan dan aplikasi konstruksi modular dalam webinar tersebut disampaikan oleh beberapa narasumber dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Riau Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR yang diwakili oleh Bapak Albert Reinaldo, S.T., M.Si., M.Sc., Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air yang diwakili oleh Bapak James Zulfan, S.T., M.Sc., dan WIKA Gedung yang diwakili oleh Bapak R. Wahyu A. Wisnu, S.T dan Bapak Doni Ardono Kusmanto, S.T.

Tujuan utama diadakan webinar adalah memperkenalkan Program Studi Teknik Sipil yang notabene adalah Program studi baru di kampus tersebut kepada masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Kota Kendari, dengan harapan Teknik Sipil bisa menjadi Prodi unggulan di UM Kendari.

Webinar ini dihadiri oleh 400 peserta, baik internal kampus maupun masyarakat dan stakeholder UM Kendari.

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2020 Universitas Muhammadiyah Kendari Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube