SOSIALISASI DISEMINASI PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, UMK DITUNJUK SEBAGAI TUAN RUMAH

Rabu, 07 Agu 2019, 13:32:01 WIB - 56 View
Share
SOSIALISASI DISEMINASI PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, UMK DITUNJUK SEBAGAI TUAN RUMAH

Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Sosialisasi Diseminasi Program Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kemristekdikti, pada hari Selasa (6/8/2019) di Aula GIC UMK.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh dosen dan kepala LPPM Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berada di  Sulawesi Tenggara, pada kegiatan kali ini hadir pula Rektor UMK, Amir Mahmud.

Dalam sambutannya, Amir menyambut baik kegiatan ini, dan mengharapkan agar kegiatan serupa dapat berjalan terus setiap tahunnya, “untuk tahun ini kami mewajibkan seluruh dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian, jadi sebelumnya ada beberapa kendala yang kami hadapi tetapi akan kami perbaiki”.

“Selain itu, kami mendapati masih  banyak dosen yang tidak mempunyai publikasi, kendala ini terjadi karena tidak ada penelitian dan pengabdian yang dilakukan dari beberapa dosen, jadi untuk saat ini bagi dosen yang tidak memiliki publikasi akan kami bantu baik  dari segi biaya maupun dalam hal lain”, Jelasnya

Masih dalam kegiatan serupa,  Kasubdit Pemberadayaan Masyarakat Kemristekdikti, Suwitno. Pada kesempatan tersebut Suwitno berkesempatan memberikan sambutan dan arahan pada kegiatan Ristekdikti kali ini .

“saat ini, apalagi berkaitan dengan kinerja pengadian kepada masyarakat  sangat mempengaruhi klaster atau peringkat dari perguruan tinggi, pimpinan perguruan tinggi telah menerima pemberitahuan dari DIrektorat Jenderal Kelembagaan Ristekdikti, bahwa pengabdian saat ini tidak lagi masuk dalam komponen output tetapi masuk dalam komponen outcome, sehingga partisipasinya untuk pemeringkatan perguruan tinggi dan pasak perguruan tinggi jauh lebih bermanfaat dan lebih terasa, karena persentasenya yang berubah dari yang dulunya 20 persen menjadi 35 persen, jadi saat ini program pengabdian telah banyak diminati oleh para dosen, karena anjuran pimpinan Perguruan Tingginya dan sangat berpengaruh pada pemeringkatan perguruan tinggi”, ungkap Suwitno.

 

Oleh : Muh. Nur Djafar Sigaro

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2019 Universitas Muhammadiyah Kendari Design By Tasbih, S.Pd. Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube