SOSIALISASI KAMPUS MERDEKA OLEH KEPALA LLDIKTI WILAYAH IX

Rabu, 29 Jan 2020, 14:07:26 WIB - 339 View
Share
SOSIALISASI KAMPUS MERDEKA OLEH KEPALA LLDIKTI WILAYAH IX

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim kembali meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar, Nadiem menilai kebijakan baru Kampus Merdeka mampu mendorong mahasiswa menggali banyak ilmu dan pengalaman, dalam proses perjalanannya, kebijakan tersebut terus di Sosialisasikan pada seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.

Universitas Muhammadiyah Kendari terpilih sebagai tuan rumah bagi seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada pelaksanaan Sosialisasi Kampus Merdeka, yang bertempat di Aula gedung baru lt. 4 pada Senin (27/1/20). Hadir dalam kegiatan ini Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Prof. Dr.Jasruddin, M.Si., yang menjadi pembicara pada sosialisasi tersebut.

Pada pemaparannya Kepala LLDIKTI wilayah IX tersebut menjelaskan PTS dan PTN memiliki otonomi untuk membuka program studi dengan syarat perguruan Tinggi tersebut memiliki aktreditasi A dan B, terkecuali bidang kesehatan dan pendidikan karena memang harus menggunakan izin khusus.
Universitas dapat bekerjasama dengan organisasi, praktir kerja, dan kelembagaan kerja untuk membuka program studi, dimana nantinya Kementerian bersama Perguruan Tinggi dan mitra prodi melakukan pengawasan bersama. Contohnya saat perguruan tinggi ingin membuka Prodi Perbankan, pihak Universitas dapat mengkonfirmasi pada Bank yang menjadi mitra, berapa kebutuhan karyawan dari Bank tersebut, lalu membuat kurikulum bersama, proses perkuliahannya sesuai dengan keinginan Bank, dan nantinya mahasiswa pada prodi melakukan praktek di Bank, sehingga ketika lulus, alumni dapat langsung bekerja, jelasnya.

Dalam sosialisasi kali ini, dirangkaikan pula dengan proses penyerahan SK KEMENDIKUD RI tentang Izin Pendirian Prodi Teknik Sipil dan Bisnis Digital UMK oleh Kepala LLDIKTI kepada Rektor UMK. selain penyerahan SK, juga ada pembahasan tentang pembentukan ketua Baru Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), seluruh Pimpinan PTS Se-Sultra yang hadir pada kegiatan tesebut secara aklamasi mempercayakan kepada Rektor UMK Bapak Amir Mahmud untuk menjadi Pelaksana Ketua APTISI Wilayah Sultra dengan tugas mempersiapkan Musyawarah pemilihan ketua APTISI baru.

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2020 Universitas Muhammadiyah Kendari Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube