SUHARTA AMIJAYA HUSEN, DOSEN FPIK UM KENDARI RAIH GELAR DOKTOR

Selasa, 04 Agu 2020, 11:24:48 WIB - 55 View
Share
SUHARTA AMIJAYA HUSEN, DOSEN FPIK UM KENDARI RAIH GELAR DOKTOR

Satu lagi dosen tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari Suharta Amijaya Husen, S.Kel. M.Si., meraih gelar doktor setelah mempertahankan disertasi dengan judul “Strategi Pengelolaan Konservasi Terumbu Karang Berbasis Socio-Ecologycal System”, dihadapan tim penguji yang dipimpin oleh Prof.Dr.Ir.H. gusti Sadimantara, M.Agr., bertempat di ruang ujian gedung pasca sarjana Universitas Halu Oleo, Senin (3/8/2020).

Dihadiri oleh sivitas akademika UM Kendari, keluarga, dan tim penguji, ujian disertasi tetap dijalankan dengan mematuhi protokol kesehatan ditengah situasi Pandemi Covid-19, dengan menggunakan aplikasi Zoom dan youtube.

Suharta memaparkan, dari hasil penelitian ditemukan bahwa kondisi ekosistem yang berada di perairan timur laut menunjukan kondisi yang buruk sesuai dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup tahun 2001, selain itu di perairan tersebut ditemukan memiliki keanekaragaman hayati ikan karang yang tinggi, sehingga untuk tidak menghilangkan pendapatan utama dari masyarakat atau nelayan di daerah tersebut, saya sebagai merekomendasikan wilayah tersebut sebagai zona pemanfaatan ikan tradisional, sehingga untuk mencegah kerusakan yang lebih tinngi di wilayah tersebut, maka alat tangkap yang  digunakan harus merupakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

Untuk memberikan solusi terhadap ekosistem yang telah terdegradasi saya merancang suatu zonasi pada perairan di wilayah tersebut dan akan disosialisasikan kepada masyarakat terkait cara memulihkan kembali wilayahhyang terdampak akibat terjadinya degradasi dengan teknik Artificial reef terumbu buatan atau pencakokan terhadap induk terumbu karang, jelasnya.

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2020 Universitas Muhammadiyah Kendari Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube