TIM PENGABDIAN UM KENDARI BANGUN KOPERASI USAHA NELAYAN DI DESA EELAHAJI

Sabtu, 01 Agu 2020, 17:59:00 WIB - 41 View
Share
TIM PENGABDIAN UM KENDARI BANGUN KOPERASI USAHA NELAYAN DI DESA EELAHAJI

Setelah sukses melakukan sosialisasi dan assessment awal program pengadian beberapa waktu lalu, tim pengabdian UM Kendari kembali mengadakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Eelahaji Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara antara tanggal 23-25 Juli 2020 dengan agenda utama pembentukan koperasi usaha nelayan dan penyelesaian demplot budidaya kepiting bakau. Ketua tim pelakasana, Dr. Rosmawati menjelaskan, kegiatan ini dilakasanakan sebagai tindak lanjut dari tahap awal pelaksanaan program hibah Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Kemendikbud kemasyarakat (mitra) di Desa Eelahaji yang sudah dilaksanakan bulan Juni 2020.

Pembentukan koperasi usaha (mitra) merupakan hal yang sangat penting dalam mengelola kemandirian usaha. “Salah satu keuntungan yang dapat diperoleh mitra dari koperasi usaha ini yaitu keuntungan koperasi sebagian besar akan dibagikan kembali kepada anggota koperasi, sehingga membantu peningkatan pendapatan nelayan” terang Dr. Rosmawati.

Mitra kegiatan PPDM terlihat sangat semangat untuk bergabung bersama dalam koperasi tersebut. “kami sangat berterimakasih dengan adanya program PPDM, sehingga dengan adanya demplot budiaya kepiting bakau dan koperasi usaha, kami bisa mulai mengelola secara mandiri sumberdaya kepiting bakau yang ada didesa kami”  ujar bapak Mirdan yang terpilih sebagai ketuaKoperasi.

Lebih lanjut disampaikan Dr. Rosmawati bahwa “koperasi ini nantinya akan menjadi milik bersama seluruh mitra PPDM sehingga tidak perlu lagi menjual (kepiting) kepada pengumpul lain. Demplot kepiting bakau nantinya akan menjadi asetk operasi, sehingga kepiting bakau yang ukuran kecil dapat dijual ke koperasi untuk dibesarkan didemplot lalu dipasarkan oleh koperasi ”, terang doctor perikanan lulusan Universitas Hasanuddin tersebut.

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2020 Universitas Muhammadiyah Kendari Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube