TINGKATKAN KINERJA DOSEN DAN TENDIK, UMK GANDENG BPP KENDARI

Senin, 25 Nov 2019, 13:29:17 WIB - 39 View
Share
TINGKATKAN KINERJA DOSEN DAN TENDIK, UMK GANDENG BPP KENDARI

Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan RI, melalui Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari menggelar pelatihan dan Achievement Motivation Training (AMT), Senin (25/11/19) bertempat di Aula gedung E lantai 4 UMK.

Mengusung tema “Tingkatkan Daya Saing Menuju Hari Esok yang Lebih Baik dengan Pelatihan Peningkatan Produktivitas”, kegiatan ini diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan lingkup UMK dengan total peserta pelatihan berjumlah 29 orang dan akan dilaksanakan selama lima hari, 25 – 29 November 2019.

Kepala Seksi Penyelenggaraan dan Pemberdayaan BPP Kendari, La Ode Harwijaya Kaeba, S. STP., menjelaskan bahwa “BPP mempunyai berbagai jenis kegiatan diantaranya pelatihan kewirausahaan, UMK mempunyai UKM Binaan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UMK, hal ini nantinya dapat bekerjasama dan berlanjut selanjutnya UKM ini kami bina agar kedepannya memiliki daya saing dan produktivitasnya”.

“Selanjutnya kami juga memiliki program pelatihan 5-S yang sebelumnya pernah kami laksanakan bersama Fakultas Hukum UMK, dimana 5-S sendiri terdiri dari, Sisih Susun, Suluh, Sosoh, dan Sasap, yang merupakan prinsip dasar dimana seharusnya dimiliki pekerja, dengan kata lain kita menciptakan suasana kerja yang rapih dan nyaman agar tidak terjadi kebosanan didalam lingkungan kerja, dan meningkatkan semangat bekerja”, jelasnya.

Rektor UMK, Amir Mahmud, S.Pi, M.P., dalam sambutannya mengemukakan “terkait dengan produktivitas, banyak ungkapan yang mengartikannya dengan peningkata atau perbedaan hari ini dan hari esok, jadi kalau hari ini kita mempunyai satu target yang berhasil dicapai , di keesokan harinya kita akan mencapai target yang lebih dari hari ini, hal ini pula berkaitan dengan Teknik Lingkungan yang akan melaksanakan visitasi Program Studi, tentu kami berharap adanya peningkatan produktivitas dari Teknik Lingkungan UMK yang awalnya berakreditasi “B” agar dapat ditingkatkan lagi menjadi akreditasi “A”.

“Lebih lanjut, saya mengajak kepada seluruh civitas akademika UMK, kepada dosen-dosen dan tenaga kependidikan agar bekerja bersama-sama melakukan peningkatan kinerja, sehingga apa yang kita harapkan menjadi Perguruan Tinggi terbaik di Sulawesi dapat kita capai beberapa tahun kedepan”, terang Amir.

Perlu kami sampaikan kepada tim BPP, bahwa di Muhammadiyah ada istilah yang mengatakan “hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan mencari hidup di Muhammadiyah”, banyak yang salah menafsirkan dengan makna bahwa bekerja di Muhammadiyah tidak perlu digaji, atau terserah Muhammadiyah mau menggaji berapa karyawannya, hal ini saya katakan tidak benar, tetapi  saya memaknai istilah ini merupakan bagian dari peningkatan produktivitas, jadi kita diransang untuk bekerja sabar, ikhlas, dan termotivasi, tambahnya.

UMK Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.10 Kendari
© 2019 Universitas Muhammadiyah Kendari Design By Tasbih, S.Pd. Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube